Kue dan Piece of Cake - Tranquillum

Dunia yang diam dan hal-hal di sekitarnya

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 31 Maret 2017

Kue dan Piece of Cake

Kue, sebuah makanan yang begitu digemari masyarakat di seluruh penjuru bumi. Begitu sampai di masyarakat pedesaan, kue menjadi sebuah makanan yang jarang ditemukan. Dapat dikatakan sebagai makanan langka. Kue, bagi masyarakat pedesaan, hanya ada pada saat-saat tertentu.
Sumber: tokomomscake.blogspot.sg
Pada acara hajatan misalnya, kue-kue akan keluar dengan piring-piring. Jumlahnya tak banyak alias terbatas. Pun kue yang ditemukan ala kadarnya saja. Tidak perlu muluk-muluk seperti halnya kue ala restoran. Lebih banyak kue yang bernuansa pedesaan. Jenisnya sangat banyak, sampai tidak mungkin untuk disebutkan satu-satu. Kue basah juga kue kering tak masalah. Suasana kue di pedesaan tak perlu dipertanyakan lagi.
Menikmatinya serasa sebuah berkah yang luar biasa. Bayangkan, memakan kue sambil menghadap ke barat. Hamparan sawah dan senja yang keemasan. Terlebih lagi jika memakan kue pada acara hajatan tetangga. Ah, tegur sapa selalu lebih hangat dengan sepotong kue, selain juga secangkir teh manis.
Ah, bicara soal sepotong kue, jika dialihbahasakan ke bahasa Inggris akan menjadi piece of cake. Akan tetapi, piece of cake lebih terkenal sebagai sebuah istilah yang diartikan sebagai (sebuah hal yang) sangat mudah dilakukan atau dikerjakan. Banyak orang ketika menemukan hal yang begitu enteng, sangat tidak mungkin untuk gagal, mereka akan berkata, “piece of cake” untuk menggambarkan betapa pekerjaan itu tidak sebanding dengan kemampuan mereka. Bisa dikatakan, semacam meremehkan.
Istilah piece of cake tentu tidak dapat dihubungkan dengan pembuatan kue, terlebih dengan rasa dan suasana angin pedesaan. Pembuatan kue, bagi sebagian orang, merupakan proses yang rumit. Perlu bahan ini itu, perlakuan begini begitu, hingga jadilah seperti yang diharapkan. Tidak jarang sebuah kue dianggap tidak sesuai dengan kodrat kue pada umumnya. Entah karena rasanya entah bentuknya.
Apapun, kita sepakat bahwa kue telah menjadi makanan yang begitu kental dengan masyarakat kita. Pun kita sepakat bahwa istilah piece of cake sama sekali tidak berhubungan dengan kue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar